Secara Spek FZ160 lebih inferior dan rasanya wajar
Memang benar secara spesifikasi teknis Yamaha FZ160 Bison berada dibawah V-Ixion. Tenaga FZ160 Bison cuma 14hp dan Torsinya cuma 13.6nm bandingkan dengan V-ixion yang mencapai 16hp dan Torsinya yang mencapai 14,5 nm Teknologi yang diusung juga jauh, V-Ixion sudah Injeksi SOHC dan sudah menggunakan radiator.
Penampilan FZ160 mampu mengalahkan spesifikasi dan performa V-Ixion
Ok, dari segi penampilan FZ160 jelas terlihat lebih garang. Pasalnya basis model yang digunakan adalah Yamaha FZ6 dan FZ1 yang merupakan streetfighter sejati. Dan seperti biasa disini penampilan adalah segala galanya, seperti juga artis sinetron dimana penampilan tampang lebih penting dibanding kemampuan akting . Berikut keunggulan FZ 160 dibanding V-Ixion :
- Ukuran ban belakang yang 140 tercatat lebih besar dibanding Kawasaki Ninja 250R sekalipun.
- Bentuk knalpot FZ160 Bison yang menyerupai YZF-R6 jauh lebih indah dibanding knalpot stock milik V-Ixion.
- Tanki FZ160 yang besar selain menunjang penampilan juga menunjang kenyamanan
- Lampu depan FZ160 lebih modern ketibang headlamp V-ixion yang masih retro
- Kendati tuna radiator tetapi mesin FZ160 terlihat penuh, sedangkan V-ixion kopong.
- Secara overal bentuk FZ160 yang mirip banteng lebih gagah dibanding V-Ixion yang konvensional
Jadi seandainya FZ160 Bison dirilis sebelum V-Ixion bisa jadi nasib Vixi tidak sebaik sekarang. Tetapi yang jelas harusnya YMKI berkenan segera merilis motor ini, mengingat harganya yang dibawah Vixi setidaknya keberadaannya tidak saja mampu meningkatkan penjualan yamaha tapi juga mampu menggempur motor kelas 125cc seperti XCD 125 bajaj, Thunder hingga Megapro. … ini subjektif lho!